Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Sudah Ngedrop Pasti Berhasil

Baterai merupakan salah satu komponen yang penting pada smartphone, karena tanpa andanya baterai hp tidak bisa anda gunakan. Lalu jika baterai hp negdrop, bagaimana cara memperbaikinya ? berikut Fantekno berikan tips cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop.

cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop

Baterai yang ngedrop akan sangat menggangu sekali ketika menggunakan ponsel karena dalam waktu sekejap baterai tiba-tibe habis padahal mungkin anda baru menggunakanya.

Permasalahan tersebut merupakan salah satu masalah yang umum dan kerap kali terjadi pada setiap smartphone, ini dikarenakan biasaya karena usia baterai yang sudah cukup lama.

Baterai hp yang sudah ngedrop biasanya tak hanya cepat habis, tetapi biasanya juga ditandai dengan kondoso baterai yang kembung atau sedikit membesar.

Nahh jik anda sedang mengalami hal tersebut berikut beberapa tips memeperbaikinya:

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Sudah Ngedrop

Untuk metode memperbaikinya sebenarnya cukup banyak, seperti mengkalibrasi dan yang lainya. Nahh berikut ini berikan beberapa metode untuk memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop dan cepat habis.

1. Atur Kecerahan Layar

Untuk cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop yang pertama adalah anda dapat mengurangi kecerahan layar pada smartphone. Kecerahan yang terlelu tinggi akan sangat menguras daya baterai, oleh karenanya atur ketingkat sedang saja.

Atau mungkin juga anda bisa menyesuaikan keadaan ruangan, jika dalam waktu malah atau didalam ruangan gunakan kecerahan yang tidak terlalu cerah.

Berbeda dengan diluar ruangan kecerahan layar hp anda mungkin harus lebih tinggi karena untuk mengurangi paparan sinar matahari ke layar.

Untuk mengatur kecerahan layar hp sangatlah mudah, anda cukup scroll layar atas kebawah dan anda dapat menemukan pengaturan kecerahan layar.

2. Menggunakan Fitur Power Saving Mode

cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop

Berikutnya jika baterai hp anda sudah ngedrop anda dapat menggunakan fitur mode power saving., atau sering disebut dengan penghemat daya.

Pada setiap smartphone sekarang umumnya sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Nahh dengan menggunakan fitur ini maka akan lebih bisa menghemat daya baterai supaya tidak ngedrop dan cepat habis.

Dengan menghidupkan mode power saving maka akan secara otomatis mengurang seperti kecerahan layar, data seluler mati, kecepatan prosesor diturunkan dan yang lainya.

Yang mana intinya sebenarnya adalah mengurangi kerja sistem sehingga tidak menggunakan banyak daya baterai.

3. Hindari Menggunakan Hp Ketika Dicharger

Cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop yang berikutnya adalah dengan tidak menggunakan hp ketika anda melakukan charger.

Menggunakan hp ketika di charger merupakan salah satu penyebab kenapa baterai hp anda ngedrop. Tak hanya itu penggunaan ketika melakukan charger akan menyebabkan hp cepat panas.

Mungkin ketika anda melakukan hal tersebut belum merasakan dampaknya, tetapi dalam jangka waktu yang lama anda akan merasakan dampaknya.

Maka solusinya anda cukup membiarkan hp terisi dengan penuh dan tidak menggunakanya ketika melakukan charger.

4. Lakukan Pengisian Baterai Sebelum Benar-Benar Habis

Tips berikutnya adalah dengan tidak terlalu sering mengisi daya baterai ketika baterai sudah benar-benar habis. Kebiasaan tersebut justru akan menimbulkan masalah seperti baterai cepat habis, ngedrop soak dan masih banyak lainya.

Saran saja isi daya baterai hp ketika belum benar-benar habis semisal 20%.

5. Lakukan Kalibrasi Baterai Hp

Cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop yang berikutnya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai hp. Melakukan kalibrasi baterai diyakini dapat memperbaiki baterai yang ngedrop, nahh berikut cara melakukan kalibrasi baterai hp :

  • Pertama anda gunakan hp sampai baterai benar-benar habis.
  • Lalu setelah itu anda cas dan tunggu sampai benar-benar penuh 100%.
  • Jika sudah penuh, berikutnya anda gunakan kembali sampai baterai benar-benar habis lagi.
  • Kemudian lakukan pengecasan baterai sampai penuh tetapi hp dalam keadaan hidup.
  • Gunakan kembali hp anda sampai baterai benar-benar habis dan hp mati.
  • Lalu cas hp dalam keadaan mati sampai penuh.
  • Terakhir hidupkan hp ketika pengisian sudah penuh.

Sebenarnya melakukan kalibrasi baterai hp terdapat beberapa cara dan ada yang memakai bantuan aplikasi. Tetapi cara tersebut tidak saya rekomendasikan karena kebanyakan aplikasi kalibrasi baterai membutuhkan yang namanya akses root.

6. Ganti Baterai Hp

Solusi yang yang terakhir adalah anda dapat mengganti baterai hp dengan yang baru. Dengan mengganti baterai hp ke yang baru maka permasalahan baterai ngedrop akan teratasi dengan cepat serta mudah.

Untuk melakukan penggantian anda dapat melakukanya di service center hp yang anda miliki.

Demikian 6 cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop dengan mudah. Perlu diperhatikan bahwa cara diatas tidak sepenuhnya memperbaiki baterai yang sudah negdrop.

Karena jika baterai sudah drop sebenatnya solusinya adalah menggantinya, tetapi dengan menggunakan cara diatas akan lebih hemat biaya dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk anda terima kasih.

Bagikan di

Tinggalkan Balasan