Gadget Tips

15 Ciri Ciri Hp Konslet Kena Air Wajib Tahu Sebelum Terlambat

Seperti yang kalian ketahui bahwa air merupakan salah satu faktor yang menyebabkan sebuah perangkat rusak, begitu juga hp ketika terkena air pasti timbil masalah baru. Nah salah satu yang sering di timbulkan adalah hp konslet akibat terkena air, lalu apa saja sih ciri ciri hp konslet kena air supaya kita bisa langsung mengambil tindakan supaya tidak timbul masalah baru.

ciri ciri hp konslet kena air

Smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk mengakses informasi, bekerja, bermain game, dan banyak lagi.

Kerusakan pada hp dapat mengakibatkan gangguan dalam menjalankan berbagai aktivitas tersebut. Oleh karena itu, memahami ciri ciri yang muncul ketika hp terkena air menjadi hal yang sangat penting.

Kerusakan akibat air dapat terjadi secara cepat dan tidak terduga. Seiring dengan peningkatan kinerja sebuah hp, komponen-komponen di dalamnya menjadi semakin kompleks dan rentan terhadap kerusakan akibat kontak dengan air.

Maka dari itu, pada artikel berikut ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang ciri ciri hp yang mengalami konslet akibat air, sehingga pengguna dapat mengambil tindakan yang tepat jika mengalami situasi serupa.

Daftar Isi

15 Ciri Ciri Hp Konslet Kena Air

Nah meskipun saat ini sudah mulai banyak hp yang menyediakan fitur anti air namun memang masih cukup jarang dan bila ada juga harganya mahal sehingga tidak banyak pengguna yang memilikinya.

Nah mungkin sebelumnya hp kalian habis terkena air dan mulai merasakan tanda-tanda yang tidak biasa, berikut ciri ciri hp konslet terkena air yang perlu diketahui:

1. Perubahan Warna pada Layar atau Casing

Salah satu ciri ciri hp konslet kena air yang pertama adalah perubahan warna pada layar atau casing. Layar yang terkena air mungkin tampak buram, atau bahkan muncul bercak air yang sulit dihilangkan. Pada bagian casing, hp kalian mungkin melihat perubahan warna atau korosi yang disebabkan oleh kontak dengan cairan.

2. Kondisi Tampilan Hp yang Berubah (Misal: Pembengkakan Baterai)

Pembengkakan baterai bisa menjadi indikator ciri ciri hp konslet kena air. Air yang masuk ke dalam baterai dapat menyebabkan pembengkakan yang dapat membahayakan tidak hanya hp itu sendiri, tetapi juga pengguna. Jika kalian melihat tanda-tanda fisik seperti ini, segera hentikan penggunaan hp dan ambil tindakan pencegahan.

3. Hp Tidak Bisa Menyala

Lalu salah satu ciri ciri hp konslet kena air adalah ketidakmampuan untuk menyala. Air dapat merusak komponen-komponen internal, termasuk motherboard, sehingga hp tidak dapat dinyalakan. Jika kalian mengalami hal ini, sebaiknya hindari mencoba menyalakan hp, karena hal itu dapat memperparah kerusakan.

Baca juga: LCD HP Kena Air Apa Yang Harus Dilakukan dan Cara Mengatasinya

4. Keluar Suara yang Tidak Normal

Terkena air dapat menyebabkan gangguan pada komponen audio hp. Jika kalian mendengar suara-suara aneh, seperti berdengung atau berdesing bahkan sember speakernya saat menggunakan hp, hal itu bisa menjadi tanda ciri ciri hp konslet kena air.

5. Gangguan pada Layar Sentuh

Air dapat merusak layar sentuh, menyebabkan malfungsi atau bahkan kehilangan respons terhadap sentuhan. Jika kalian merasa kesulitan mengoperasikan layar sentuh atau mengalami ketidakakuratan saat menggunakan fitur sentuh, ini dapat menjadi tanda bahwa hp kalian mengalami masalah akibat terkena air.

6. Kerusakan pada Motherboard

Motherboard atau papan induk merupakan pusat kontrol utama hp. Jika air mencapai motherboard, ini dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan serius pada komponen elektronik. Ciri ciri hp konslet kena air mungkin mengalami masalah seperti mati total atau kinerja yang tidak stabil.

7. Masalah pada Konektor atau Port USB

Konektor dan port USB hp rentan terhadap korosi akibat air. Jika kalian mengalami kesulitan saat mengisi daya atau mentransfer data, atau terdapat tanda-tanda kelembapan pada port USB, hal tersebut dapat menunjukkan bahwa hp kalian telah terkena air.

Baca juga: Cara Mengeluarkan Air Dari Speaker Hp iPhone Dengan 4 Metode Ampuh

8. Sinyal Jaringan Hilang

Air dapat merusak antena dan komponen jaringan, mengakibatkan hilangnya sinyal jaringan. Jika hp tidak dapat menangkap sinyal dengan baik setelah terkena air, itu bisa menjadi tanda kerusakan.

9. Layar Mati atau Blank

Layar yang tidak merespons atau tetap mati setelah terkena air adalah indikasi kerusakan pada display atau konektor yang menghubungkannya dengan motherboard dan merupakan salah satu ciri ciri hp konslet kena air.

10. Speaker atau Mikrofon Tidak Berfungsi

Kerusakan akibat air dapat memengaruhi komponen audio seperti speaker dan mikrofon, menyebabkan ketidakmampuan untuk mendengar suara atau berbicara saat melakukan panggilan.

Jadi selain speaker bunyi sember atau tidak jelas masalah speaker atau mic tidak berbunyi sama sekali juga merupakan ciri ciri hp konslet kena air.

11. Overheating yang Tidak Normal

Ciri ciri hp konslet kena air dapat menyebabkan masalah panas berlebih, yang dapat termanifestasi dalam keadaan overheating yang tidak normal.

Jadi jika kalian merasa hp pernah kena air lalu mengalami hp panas yang kiranya dianggap berlebihan merupakan tanda hp kalian mungkin konslet.

Baca juga: Ciri Ciri IC Sinyal Rusak Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

12. Kamera Tidak Berfungsi

Air dapat merusak kamera pada hp, mengakibatkan kualitas gambar yang buruk atau bahkan ketidakmampuan untuk mengambil foto.

13. Tanda-tanda Korosi

Pengecekan teliti mungkin menunjukkan tanda-tanda korosi pada komponen internal hp, yang dapat disebabkan oleh paparan air. Untuk mengetahui ciri ciri hp konslet kena air yang satu ini kalian perlu membongkar casing sehingga bisa melihat komponen didalamnya.

14. Performa Menurun Drastis

Kerusakan akibat air dapat memengaruhi kinerja keseluruhan hp, membuatnya menjadi lambat dan tidak responsif. Meski sebenarnya ini jarang terjadi sih namun bisa juga menjadi salah satu tandanya.

Baca juga: Begini Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar 5 Tips Yang Bisa Diterapkan

15. Bau yang Tidak Wajar

Jika hp terkena air, dapat menghasilkan bau yang tidak wajar, seperti bau hangus atau bau kimia, yang menunjukkan kerusakan serius pada komponen internal ini sudah merupakan ciri ciri hp konslet kena air.

Langkah-Langkah Perbaikan Mandiri Yang Bisa Dilakukan

Nah setelah tahu apa saja ciri ciri hp konslet kena air berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk perbaikan mandiri atau tahap perbaikan awal sebelum membawanya ke tukang service.

1. Membersihkan HP dengan Benar

Ketika ponsel terkena air, langkah pertama yang dapat diambil adalah membersihkannya dengan benar untuk mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Matikan Hp

Pastikan untuk mematikan ponsel secepat mungkin setelah terkena air. Ini dapat membantu mencegah korsleting dan kerusakan lebih lanjut.

  • Buka Casing (jika memungkinkan)

Jika hp kalian memiliki casing yang dapat dilepas, lepaskan casing untuk memastikan akses yang lebih baik ke bagian-bagian hp.

  • Lepaskan Baterai (jika bisa)

Jika baterai hp kalian dapat dilepas, lepaskan baterai untuk menghindari potensi korsleting. Ini juga membantu proses pengeringan.

  • Gunakan Bahan Penyerap Air

Letakkan hp di atas kain yang menyerap air atau kertas tisu. Gantilah kain atau tisu secara berkala untuk memaksimalkan proses penyerapan.

  • Hindari Pengeringan dengan Panas Berlebih

Hindari pengeringan dengan menggunakan alat seperti hair dryer atau sinar matahari secara langsung, karena panas berlebih dapat merusak komponen hp. Sebaiknya biarkan hp mengering secara alami.

Baca juga: 5 Penyebab IC Hp Rusak Serta Ciri Ciri Mengenalinya Ketika Rusak Lengkap

2. Menggunakan Bahan Penyerap Air

Selain langkah-langkah di atas, penggunaan bahan penyerap air dapat membantu mempercepat proses pengeringan. Beberapa bahan penyerap air yang dapat digunakan meliputi:

  • Beras

Masukkan hp ke dalam wadah yang berisi beras. Beras memiliki sifat menyerap kelembapan dengan baik.

  • Silika Gel

Silika gel biasanya ditemukan dalam kemasan elektronik atau sepatu baru. Tempatkan ponsel dalam wadah yang berisi silika gel untuk menyerap kelembapan.

Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah di atas mungkin tidak efektif untuk semua jenis kerusakan akibat air, dan ada risiko bahwa hp mungkin tetap mengalami masalah.

Jika setelah melakukan langkah-langkah ini ponsel masih tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi service hp untuk tindakan lebih lanjut.

Demikian ciri ciri hp konslet kena air yang perlu kalian ketahui beserta solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, perlu diperhatikan jika memang langkah perbaikan tidak memungkinkan atau sudah terlanjur konslet timbul masalah baru maka sebaiknya silahkan bawa hp ke service center atau konter perbaikan untuk diperbaiki atau diganti komponen yang bermasalah, semoga bisa bermanfaat terima kasih.

Bagikan di

Fantekno

Rifan Lufi salah satu pakar tekologi gadget dan pengamat sosial media telah menulis sejak 2017 di berbagai media nasional terkait teknologi dan tutorial mengatasi masalah gadget, telah mendirikan berbagai blog teknologi salah satunya fantekno.

Tinggalkan Balasan