Gadget Tips

Kenali 8 Ciri Ciri Hp Segel Jangan Sampai Menyesal!

Last Updated on Juni 18, 2024 by Fantekno

Mengenali ciri ciri hp segel menjadi keahlian dasar yang sebaiknya dimiliki oleh setiap konsumen. Ini tidak hanya melibatkan pemeriksaan fisik pada kotak dan perangkat itu sendiri, tetapi juga memastikan bahwa kita membeli dari penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kita dapat menghindari penipuan, memperoleh nilai terbaik dari uang yang dikeluarkan, dan menikmati penggunaan hp yang optimal sejak pertama kali dinyalakan.

ciri ciri hp segel

Saat membeli hp, terutama yang berkategori premium, memastikan bahwa hp tersebut masih segel adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan.

Membeli hp yang masih segel memberikan jaminan bahwa perangkat tersebut dalam kondisi baru, belum pernah digunakan, dan semua komponen di dalamnya masih utuh serta asli dari pabrik.

Mengapa hal ini penting? Karena hp yang sudah dibuka segelnya memiliki risiko lebih tinggi mengalami kerusakan, cacat produksi, atau bahkan penyusupan barang palsu.

Daftar Isi

Ciri Ciri Hp Segel

Berikut adalah beberapa ciri atau tanda bahwa hp masih dalam keadaan segel:

  • Label Segel Utuh dan Tidak Rusak

Ciri yang paling mudah dikenali dari hp yang masih segel adalah label segel pada kotak atau perangkat itu sendiri. Label ini biasanya ditempatkan di bagian utama kotak atau di sekitar perangkat untuk menunjukkan bahwa hp tersebut belum pernah dibuka sejak meninggalkan pabrik.

Untuk memastikan keasliannya, perhatikan bahwa label segel tersebut utuh, tidak ada sobekan, robekan, atau bekas lem yang mencurigakan.

Segel yang rusak atau tampaknya telah dibuka bisa menjadi indikasi bahwa perangkat tersebut mungkin sudah pernah dibongkar sebelumnya.

Untuk lebih jelas perhatikan segel skrup didalam casing, jika sudah tidak segel, maka stiker segel skrup sudah rusak karena pernah di bongkar perhatikan gambar diatas.

  • Tutup Belakang atau Casing Tidak Berubah

Hp model-model terkini sering kali memiliki tutup belakang yang slit dilepas untuk mengganti baterai. Jika hp belum pernah dibongkar, tutup belakang atau casingnya akan terlihat rapi tanpa ada tanda-tanda bahwa pernah dibuka sebelumnya. Perekat atau pengait pada casing akan terlihat utuh dan tidak ada kerusakan yang mencurigakan.

  • Tidak Ada Tanda Pemakaian pada Sekeliling Area Segel

Lalu ciri ciri hp segel lainya adalah periksa area sekitarnya untuk memastikan tidak ada tanda-tanda bahwa segel tersebut pernah dibuka sebelumnya. Misalnya, tidak ada bekas lem atau kerusakan pada bagian sekitar segel yang menunjukkan bahwa segel telah dilepas sebelumnya.

Baca juga: Wajib Tahu! Ketahui Kenapa IC Baseband Bisa Rusak Beserta Ciri dan Solusi Mengatasinya

  • Kemasan Prima Tanpa Cacat

Selain label segel, periksa juga kondisi keseluruhan kemasan hp. Kemasan yang masih segel harus terlihat dalam kondisi prima tanpa cacat atau kerusakan yang mencurigakan.

Kebanyakan produsen smartphone mengemas produk mereka dengan sangat rapi dan terlindungi, sehingga setiap kerusakan atau kekurangan pada kemasan bisa menandakan bahwa perangkat tersebut telah mengalami manipulasi sebelumnya.

  • Aksesori Bawaan dalam Keadaan Tersegel

Saat membuka kemasan hp yang baru, pastikan untuk memeriksa aksesori bawaan seperti charger, kabel data, earphone, dan buku panduan.

Aksesori bawaan dari hp baru biasanya disegel atau terbungkus dengan plastik pelindung untuk menunjukkan bahwa mereka belum pernah digunakan sebelumnya. Periksa dengan seksama apakah segel pada aksesori tersebut masih utuh dan tidak terlihat telah dibuka sebelumnya.

  • Tidak Ada Bekas Pemasangan atau Pembukaan

Kemudian ciri ciri hp segel lainya adalah tidak adanya bekas pemasangan atau pembongkaran. Perhatikan bagian-bagian dari perangkat itu sendiri.

Pada hp yang benar-benar baru dan masih segel, tidak akan ada tanda-tanda bekas pemasangan atau pembukaan, seperti jejak lem atau bekas bongkar di sekitar area baterai atau bagian lain dari perangkat.

Bagian-bagian seperti tutup belakang atau panel layar harus tampaknya tidak pernah terbuka sejak meninggalkan garis perakitan pabrik.

Baca juga: 15 Ciri Ciri Hp Konslet Kena Air Wajib Tahu Sebelum Terlambat

  • Keandalan Penjual atau Distributor

Jika membeli hp dari penjual resmi atau distributor yang terpercaya, biasanya mereka akan memberikan jaminan bahwa hp yang dijual adalah baru dan belum pernah dibongkar. Ini memberikan keyakinan tambahan bahwa segel hp masih utuh dan belum pernah terbuka sebelumnya.

  • Periksa Informasi Identifikasi Perangkat

Terakhir, ciri ciri hp segel adalah pastikan untuk memeriksa informasi identifikasi perangkat seperti nomor IMEI, serial number, dan informasi lainnya yang dicetak atau ditempelkan pada perangkat.

Pada hp yang masih segel, stiker atau cetakan informasi ini haruslah utuh dan tidak terlihat telah diganti atau diubah dengan cara apapun.

Informasi identifikasi ini penting untuk memastikan bahwa perangkat tersebut benar-benar baru dan belum pernah dibongkar sebelumnya.

Baca juga: Perlu Tahu Inilah Penyebab Fleksibel Hp Rusak dan Tips Mengatasinya

Kesimpulan

Dengan memperhatikan ciri ciri hp segel, kalian dapat lebih percaya diri saat memilih dan membeli hp yang masih segel dan belum pernah dibongkar.

Memilih perangkat yang sesuai dengan harapan akan memberikan penggunaan yang lebih memuaskan dan bebas dari kekhawatiran terkait kondisi atau keaslian perangkat tersebut, semoga bermanfaat terima kasih.

Bagikan di

Fantekno

Rifan Lufi salah satu pakar tekologi gadget dan pengamat sosial media telah menulis sejak 2017 di berbagai media nasional terkait teknologi dan tutorial mengatasi masalah gadget, telah mendirikan berbagai blog teknologi salah satunya fantekno.

Tinggalkan Balasan