Gadget Tips

Jarang Diketahui! Ini iPhone is Findable Artinya dan Penjelasanya

Last Updated on Juli 3, 2024 by Fantekno

Sebagai pengguna iPhone pengguna mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya fitur iPhone is findable, biasanya ini muncul ketika pengguna melakukan cas di layar utama muncul notif tulisan seperti itu. Namun meski begitu banyak pengguna yang masih bingung tentang iPhone is findable artinya apa sih?

iphone is findable artinya

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang iPhone is findable artinya, bagaimana cara kerjanya, serta bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut.

Daftar Isi

Apa Itu iPhone is Findable?

iPhone is findable artinya dalam bahasa indonesia adalah iPhone dapat ditemukan, ini merupakan fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Apple untuk mempermudah pengguna dalam melacak perangkat iPhone yang hilang. Fitur ini merupakan evolusi dari fitur sebelumnya yang dikenal dengan nama “Find My iPhone”, yang telah lama menjadi andalan Apple dalam memfasilitasi pencarian perangkat yang hilang.

Perbedaan utama antara “iPhone is Findable” dengan “Find My iPhone” konvensional terletak pada penggunaan teknologi baru yang lebih canggih dan luas. Fitur ini tidak hanya mengandalkan GPS untuk melacak lokasi perangkat, tetapi juga memanfaatkan jaringan Bluetooth dan Wi-Fi yang lebih luas. Hal ini memungkinkan iPhone untuk tetap dapat dilacak meskipun berada dalam kondisi offline atau terhubung dengan jaringan yang tidak stabil.

Dengan adanya iPhone is findable, pengguna dapat dengan lebih akurat menentukan lokasi perangkat, bahkan dalam situasi di mana GPS tidak dapat memberikan data yang memadai. Fitur ini tidak hanya membantu dalam menemukan iPhone yang hilang, tetapi juga memberikan perlindungan tambahan terhadap keamanan dan privasi data pengguna.

Baca juga: Ciri Ciri LCD iPhone Rusak Yang Wajib Anda Ketahui, Cari Tahu Disini

Cara Kerja iPhone is Findable

iPhone is findable menggunakan teknologi canggih untuk membantu pengguna melacak perangkat iPhone yang hilang. Berbeda dengan pendekatan konvensional yang hanya mengandalkan GPS, fitur ini mengintegrasikan beberapa teknologi untuk meningkatkan akurasi dan ketersediaan informasi lokasi.

Teknologi yang Digunakan

  • Bluetooth: Fitur ini memanfaatkan sinyal Bluetooth yang dipancarkan oleh perangkat iPhone untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di sekitarnya. Ketika iPhone dalam mode hilang, sinyal Bluetooth ini dapat dideteksi oleh perangkat Apple lainnya di sekitarnya.
  • Jaringan Wi-Fi: Selain Bluetooth, iPhone is findable juga menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekitar perangkat. Dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang lebih luas, fitur ini dapat memberikan informasi lokasi yang lebih akurat, bahkan ketika perangkat iPhone tidak terhubung dengan jaringan seluler atau GPS.

Proses Penemuan iPhone

Aktivasi Mode Hilang: Ketika pengguna menyadari bahwa iPhone hilang, pengguna dapat mengaktifkan mode hilang melalui aplikasi Find My atau iCloud. Hal ini mengaktifkan fitur iPhone is Findable untuk mulai mencari perangkat.

Pengumpulan Informasi Lokasi: Setelah mode hilang diaktifkan, iPhone akan secara otomatis mengirimkan data lokasi terbaru ke server Apple menggunakan sinyal Bluetooth dan Wi-Fi. Informasi ini kemudian dapat diakses oleh pengguna melalui aplikasi Find My di perangkat lain atau melalui situs web iCloud.

Notifikasi Lokasi: Jika perangkat iPhone berada di dekat perangkat Apple lainnya yang terhubung dengan internet, pengguna akan menerima notifikasi lokasi yang akurat. Ini memungkinkan mereka untuk melacak perangkat mereka secara real-time dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembalikannya.

Baca juga: Ketahui Tombol Volume iPhone Tidak Berfungsi ? Berikut 7 Cara Mengatasinya

Cara Mengaktifkan iPhone is Findable

Berikut adalah langkah demi langkah untuk mengaktifkan fitur ini:

1. Pastikan Perangkat Diperbarui

Sebelum memulai, pastikan bahwa perangkat iPhone menggunakan versi iOS 15 ke atas. Pembaruan perangkat lunak ini sering kali mencakup perbaikan keamanan dan pembaruan fitur, yang dapat meningkatkan kinerja iPhone is findable.

2. Aktifkan Fitur “Find My”

Fitur iPhone is findable terintegrasi dalam fitur Find My yang ada di iOS. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi “Settings” (Pengaturan) di perangkat iPhone.
  • Ketuk nama kalian di bagian atas pengaturan.
  • Pilih “Find My” (Temukan Saya).
  • Pastikan bahwa opsi “Find My iPhone” (Temukan iPhone Saya) dan “Find My network” (Jaringan Temukan Saya) diaktifkan.

3. Aktifkan Opsi Send Last Location (Kirim Lokasi Terakhir)

Fitur “Send Last Location” akan secara otomatis mengirimkan lokasi terakhir perangkat ke server Apple saat baterai hampir habis. Ini membantu menemukan perangkat bahkan jika baterai sudah sangat rendah. Untuk mengaktifkannya:

  • Kembali ke pengaturan “Find My”.
  • Gulir ke bawah dan aktifkan opsi “Send Last Location” (Kirim Lokasi Terakhir).

Baca juga: Wajib Tahu! Ketahui Kenapa IC Baseband Bisa Rusak Beserta Ciri dan Solusi Mengatasinya

Keuntungan Menggunakan iPhone is Findable

iPhone is findable tidak hanya merupakan fitur tambahan dalam ekosistem iPhone, tetapi juga menawarkan sejumlah keuntungan yang signifikan bagi pengguna. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan fitur ini:

  • Kemampuan Melacak Perangkat yang Hilang

Fitur ini dirancang khusus untuk membantu pengguna melacak lokasi perangkat iPhone mereka yang hilang atau dicuri. Dengan menggunakan teknologi Bluetooth dan Wi-Fi yang canggih, iPhone is findable dapat memberikan lokasi yang akurat bahkan dalam situasi di mana GPS tidak dapat berfungsi.

  • Perlindungan Data dan Privasi

Apple sangat memperhatikan keamanan data pengguna. Dengan fitur iPhone is findable, informasi lokasi perangkat hanya dapat diakses melalui kredensial yang tepat. Ini memberikan jaminan bahwa informasi pribadi tetap aman dan tidak dapat diakses oleh pihak lain tanpa izin pemilik.

  • Melacak Perangkat Bahkan dalam Kondisi Offline

Salah satu keunggulan utama iPhone is findable adalah kemampuannya untuk tetap melacak perangkat bahkan ketika tidak terhubung dengan jaringan seluler atau Wi-Fi yang stabil. Fitur ini berguna ketika perangkat berada dalam daerah dengan sinyal yang lemah atau tidak ada jaringan internet.

  • Menemukan Perangkat dengan Cepat

Dengan notifikasi lokasi yang diterima secara real-time melalui aplikasi Find My atau situs web iCloud, pengguna dapat segera mengetahui lokasi terbaru dari perangkat mereka. Ini memungkinkan untuk mengambil tindakan yang cepat untuk mendapatkan kembali perangkat yang hilang.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang iPhone is findable artinya beserta penjelasanya, cara kerja, cara mengaktifkan dan manfaat menggunakanya yang perlu diketahui, semoga bermanfaat.

Bagikan di

Fantekno

Rifan Lufi salah satu pakar tekologi gadget dan pengamat sosial media telah menulis sejak 2017 di berbagai media nasional terkait teknologi dan tutorial mengatasi masalah gadget, telah mendirikan berbagai blog teknologi salah satunya fantekno.

Tinggalkan Balasan