Gadget Tips

Ternyata Ini Kenapa Setelah Ganti LCD Hp Jadi Lemot dan Solusinya

Penggantian komponen seperti LCD merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan dan mungkin kalian juga telah melakukan hal tersebut. Namun beberapa pengguna mengatakan bahwa ketika sudah ganti LCD justru malah hp tambah lemot atau gerakan di LCD kurang resposif terkesan lemot, lalu kenapa setelah ganti lcd hp jadi lemot mengapa hal tersebut terjadi?

kenapa setelah ganti lcd hp jadi lemot

Dalam era teknologi saat ini, ponsel pintar (smartphone) telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu komponen penting dari smartphone adalah layar LCD (Liquid Crystal Display) yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan berbagai aplikasi dan konten.

Namun, terkadang pengguna mengalami masalah ketika layar LCD hp mereka rusak atau mengalami kerusakan. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggantian layar LCD ponsel telah menjadi suatu kebutuhan yang umum.

Terkadang, setelah penggantian layar LCD hp, pengguna mengalami fenomena yang cukup mengganggu, yaitu kinerja hp yang menjadi lambat atau lemot.

Hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa hal ini bisa terjadi? Artikel ini bertujuan untuk membahas fenomena tersebut dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mungkin menyebabkan hp menjadi lemot setelah penggantian layar LCD.

Daftar Isi

Kenapa Setelah Ganti LCD Hp Jadi Lemot

Berikut beberapa faktor yang mungkin menyebabkan hal ini antara lain:

Kesalahan Pemasangan

Pemasangan layar LCD yang tidak tepat atau kurang presisi dapat menyebabkan masalah kenapa setelah ganti lcd hp jadi lemot. Misalnya, jika koneksi kabel fleksibel tidak terhubung dengan benar atau terdapat debu atau kotoran di sekitar area pemasangan, hal ini dapat mengganggu aliran data dan sinyal, sehingga memengaruhi kinerja keseluruhan hp.

Kompatibilitas Komponen Yang Digunakan

Penggunaan layar LCD yang tidak kompatibel dengan model hp atau versi perangkat lunak yang digunakan juga dapat menjadi penyebab kenapa setelah ganti lcd hp jadi lemot.

Komponen yang tidak cocok atau tidak didukung secara optimal oleh sistem hp dapat menghasilkan crash antar perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), yang pada gilirannya dapat mengakibatkan kinerja yang buruk.

Kualitas LCD Pengganti

Kualitas dari layar LCD pengganti juga menjadi faktor yang berpengaruh kenapa setelah ganti lcd hp jadi lemot. Penggunaan layar LCD yang murah atau berkualitas rendah mungkin tidak memiliki performa yang sama dengan layar asli.

Resolusi yang rendah, respons yang lambat, atau ketidakmampuan untuk menanggapi input dengan baik adalah masalah yang sering terjadi pada layar LCD murah. Hal ini dapat menyebabkan hp menjadi lemot dan mengurangi penggunaan secara keseluruhan.

Baca juga: Begini Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar 5 Tips Yang Bisa Diterapkan

Masalah Perangkat Lunak

Selain faktor-faktor perangkat keras, masalah perangkat lunak juga dapat memengaruhi kinerja hp setelah penggantian layar LCD meski ini cukup jarang terjadi.

Misalnya, crash perangkat lunak yang disebabkan oleh ketidakcocokan antara versi sistem operasi hp dan driver atau perangkat lunak pendukung lainnya dapat menyebabkan kinerja hp menjadi terganggu.

Kerusakan pada Komponen Lain

Proses penggantian layar LCD bisa saja merusak komponen lain dalam hp kalian. Misalnya, konektor yang tidak dipasang dengan benar atau kabel fleksibel yang rusak dapat mengganggu kinerja keseluruhan hp.

Jadi jika ada kesalahan proses penggantian dan malah merusak komponen lain hal ini bisa menjadi salah satu faktor kenapa setelah ganti lcd hp jadi lemot.

Baca juga: 7 Perbedaan Hp Yang Sudah Ganti LCD dan Yang Belum Ini Cara Mengetahuinya

Tips Mengatasi Setelah Ganti LCD Hp Jadi Lemot

Nah setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan kenapa setelah ganti lcd hp jadi lemot, berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa kalian terapkan untuk mengatasinya.

Periksa Kembali Pemasangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kembali pemasangan layar LCD. Pastikan semua koneksi kabel fleksibel terhubung dengan benar dan kokoh.

Perhatikan juga apakah ada debu atau kotoran yang masuk ke dalam area pemasangan, karena hal ini dapat mengganggu aliran data dan sinyal.

Jika kalian merupakan teknisi yang melakukan penggantian coba bongkar lagi dan cek apakah sebelumnya ada kesalahan pemasangan atau tidak.

Gunakan Komponen yang Kompatibel dan Berkualitas

Pilihlah layar LCD pengganti yang kompatibel dengan model hp kalian dan memiliki kualitas yang baik. Meskipun mungkin harganya sedikit lebih mahal, menggunakan komponen yang berkualitas akan membantu memastikan kinerja hp yang optimal dan mencegah masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Warna Warni Pada LCD HP Semua Tipe

Periksa Perangkat Lunak dan Melakukan Pembaruan

Pastikan sistem operasi hp kalian dan semua driver atau perangkat lunak pendukung lainnya telah diperbarui ke versi terbaru. Hal ini dapat membantu memperbaiki crash perangkat lunak yang mungkin terjadi setelah penggantian layar LCD.

Selain itu, lakukanlah pembersihan cache dan aplikasi yang tidak perlu untuk memastikan kinerja perangkat lunak yang optimal. Dengan demikian biasanya masalahnya akan hilang.

Namun jika sudah melakukan berbagai cara pembersihkan, update dan lain sebagainya tetap masih lemot kemungkinan ada dua yakni pemasangan bermasalah atau memang layar LCD yang dipakai tidak berkualitas.

Lakukan Reset Pabrik (Factory Reset)

Jika masalah kinerja masih dialami setelah melakukan langkah-langkah di atas, pertimbangkan untuk melakukan reset pabrik pada hp kalian.

Reset pabrik akan mengembalikan pengaturan hp ke kondisi default dan menghapus semua data yang ada di dalamnya. Pastikan untuk melakukan cadangan (backup) terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data yang penting.

Baca juga: LCD HP Kena Air Apa Yang Harus Dilakukan dan Cara Mengatasinya

Konsultasikan dengan Teknisi Profesional

Jika kalian tidak yakin atau tidak nyaman untuk melakukan langkah-langkah perbaikan sendiri, sebaiknya konsultasikan masalah kalian dengan teknisi profesional atau bawa hp ke pusat layanan resmi.

Terutama jika kalian sudah menerapkan cara sampai reset pabrik namun tetap saja lemot kemungkinan memang ada masalah di layar LCD yang barusan diganti.

Mungkin LCD tersebut memang bermasalah atau prosesnya yang kurang tepat, nah dengan membawa ke service center atau konter service berbeda dengan teknisi profesional maka akan tahu penyebabnya dimana dan solusi yang tepat guna memperbaikinya.

Demikian informasi tentang kenapa setelah ganti lcd hp jadi lemot beserta berbagai faktor penyebab dan solusi mengatasinya, semoga bisa bermanfaat terima kasih.

Bagikan di

Fantekno

Rifan Lufi salah satu pakar tekologi gadget dan pengamat sosial media telah menulis sejak 2017 di berbagai media nasional terkait teknologi dan tutorial mengatasi masalah gadget, telah mendirikan berbagai blog teknologi salah satunya fantekno.

Tinggalkan Balasan